Lembu Nandi di Candi Bulu Hilang

SEPUTAR MBULU - Lembu nandi atau patung sapi, salah satu situs bersejarah yang ada di kompleks Candi Bulu, Desa Bulu Jowo, Kecamatan Bancar, Tuban, Jatim, dikabarkan hilang.

Kabar mengejutkan itu diketahui Sabtu pekan lalu. "Pertama kali saya tahu hilangnya hari Sabtu sekitar jam 2 siang waktu saya mau bersih-bersih candi," ujar Arif Achmadi, penjaga candi, saat dihubungi, Kamis, 23 Oktober 2014.

Padahal sehari sebelumnya dirinya masih melihat patung tersebut ketika sepulang dari candi. "Jadi kejadiannya ya malamnya," tutur pria yang biasa dipanggil Daduk tersebut.

Mengetahui lembu candi hilang, pihaknya langsung melapor ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. Atas laporannya tersebut, kemarin petugas BPCB Trowulan didampingi pihak berwajib dan kades setempat datang ke lokasi kejadian.

Menurut Arif, rencananya hari ini pihak BPCB akan melaporkan kejadian tersebut ke Polda Jatim. "Karena sekarang ada pertemuan di sana (Polda Jatim). Jadi tingkat pencariannya bisa diperluas," ujar Arif. (wak)

Arif meminta kepada warga Bulu agar bersama-sama ikut menjaga situs candi dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. "Ya kita semua bersama-sama berusaha biar bagaimana itu adalah milik kita bersama," katanya. (wak)

0 comments

Leave a Reply