SKK Migas Eksplorasi Perairan Kragan-Bulu

Seputar mBulu - Bagi nelayan Bulu yang akan melaut di sekitar perairan Kragan perlu berhati-hati. Pasalnya, di lokasi tersebut sedang dilakukan eksplorasi minyak dan gas (seismik) oleh Tim Satuan Kerja Khusus (SKK) Migas.

Seperti dilansir sejumlah media online di Rembang beberapa waktu lalu, eksplorasi dilakukan dengan menggunakan kapal besar berperalatan canggih yang bisa mengganggu kapal dan merusak rumpon (anggas) nelayan.

Kegiatan tersebut masih akan berlangsung sampai tiga bulan ke depan, terhitung sejak akhir Agustus lalu. SKK Migas hingga kini baru melakukan eksplorasi di perairan 30-40 mil dari lepas pantai Kragan.

Rencananya, eksplorasi juga akan dilakukan sampai perairan Bulu. SKK Migas memperkirakan sumber minyak dan gas itu berada di perairan sekitar 70 mil dari lepas pantai Kragan. (wak)

1 comments

  1. KrisEnergy Rampungkan Seismik 2D & 3D di PSC Sakti

    MigasReview, Jakarta – KrisEnergy Ltd, Kamis (13/11), mengumumkan bahwa akuisisi data seismik 2D di area sepanjang 1.200 km dan 3D seluas 401 kilometer persegi di PSC Sakti, lepas pantai Jawa Timur, telah dirampungkan.

    Akuisisi seismik yang dilakukan dengan menggunakan kapal S.V. Nordic Bahari dimulai pada 8 September 2014. Sementara itu akuisisi seismik 3D dilakukan oleh PT CGG Services Indonesia begitu Nordic Bahari menyelesaikan tugasnya.

    Dalam laporan kinerja dan operasional kuartal ketiga 2014-nya, KrisEnergy menyebutkan bahwa belanja eksporasi dan pengembangan akuisisi seismik PSC Sakti mencapai US$1,7 juta.

    Blok eksplorasi Sakti mencakup area seluas 4.974 km2 di lepas pantai Jawa Timur, di sisi barat Cekungan Jawa Timur, Lengkungan Bawean, dan Kanal Muriah. Kedalaman air di area tersebut berkisar 50-60 meter.

    KrisEnergy memiliki 95 persen saham kerja operasi di PSC Sakti sementara 5 persen lainnya dikuasai oleh Golden Haven Jaya Ltd. (cd)

Leave a Reply