Sosialisasi Lelang Hanya Dihadiri Sebagian Nelayan

Seputar Mbulu - Setelah sempat diundur beberapa hari dari jadwal yang sudah ditentukan, Pemkab Tuban akhirnya melakukan sosialisasi lelang di Pelabuhan Perikanan Bulu pada Kamis, 14 Agustus 2014.

Dalam sosialisasi tersebut pemkab menyampaikan beberapa hal. Di antaranya keharusan semua kapal untuk lelang di tempat pelelangan ikan (TPI). Jika tidak mau akan dikeluarkan dari pelabuhan.

Pemkab juga mengharuskan tengkulak untuk inden (menitipkan uang ke TPI) sebelum melakukan lelang. Selain itu, untuk mendukung aktivitas pelelangan, pemkab berjanji akan mengusahakan kostoret berkapasitas 200 ton.

Sosialisasi yang dijadwalkan dilakukan pada 12 Agustus lalu itu dihadiri para nelayan dan tengkulak yang berada di sekitar pelabuhan. Meski begitu, sosialisasi tersebut dinilai belum maksimal karena tidak dihadiri semua nelayan.

Nelayan yang diundang mengikuti sosialisasi hanya nelayan yang dekat dengan rukun nelayan (RN). Karena itu dalam waktu dekat pemkab akan melakukan pertemuan kembali dengan semua elemen yang terlibat dalam pelelangan. (jon/wak)

0 comments

Leave a Reply