Peringati Hari Bumi, Heksagama Adakan Pendataan dan Perawatan Pohon

BULU - Memperingati Hari Bumi, Heksagama SMP NU Bancar mengadakan kegiatan pendataan sekaligus perawatan pohon di sepanjang Jalan AMD Desa Bulujowo yang pernah ditanam oleh sejumlah kelompok pecinta alam di Bulu, Selasa, 22 April 2014.

“Setiap tanggal 22 April kami memperingati Hari Bumi Internasional atau biasa dikenal dengan Hari Bumi Dunia. Karena faktor jadwal yang terganggu dengan agenda UN jadi kami hanya adakan kegiatan sederhana,” ujar Dewan Penggalang SMP NU Bancar, Abdul Amin.

Berdasarkan dokumen hasil pendataan 192 pohon cemara dan kadipuya yang diterima Seputar mBulu, secara umum kondisi pohon dalam keadaan baik. Dari 120 pohon cemara, sebanyak 83 pohon dalam keadaan segar, 28 cukup segar, dan 9 layu.

Sementara itu dari 67 pohon kadipuya, 51 di antaranya dalam keadaan segar, 13 cukup segar, dan 3 layu. Selain dilihat berdasarkan keadaan pohon, pendataan juga mengukur tinggi pohon dan jumlah turus. Rata-rata tinggi pohon sekitar setengah meter dan jumlah turus setiap pohon bervariasi antara 1 - 5 turus.

Heksagama adalah nama gugus depan gerakan pramuka SMP NU Bancar. Heksa merupakan kependekan dari heksa desimal yang berarti 16 (enambelas). Sedangkan Gama diambil dari nama maskot regu, yaitu “Ga” untuk nama regu putra Garuda Emas dan “Ma” untuk regu putri Bunga Mawar.

“Sehingga nama Heksagama mengandung arti enambelas anggota yang terdiri dari delapan anggota regu Garuda Emas dan delapan anggota regu Bunga Mawar,” demikan tulis laman Heksagama.

Penanaman pohon sebelumnya dilakukan oleh Pecinta Alam Ujas-ujus (PAUS), Anak Nelayan Pecinta Alam (ANPAL), dan Bhayangkara. (wak)

0 comments

Leave a Reply