Arca Nandi Belum Ditemukan

SEPUTAR MBULU - Arca nandi Candi Bulu yang dinyatakan hilang sejak lima bulan lalu hingga kini belum ditemukan. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menyatakan belum mendapatkan laporan lanjutan dari pihak kepolisian.

“Sudah kami laporkan ke Polsek Bancar (Bulu, red). Tidak tahu ya, sampai sekarang juga belum ada informasi perkembangan hilangnya arca nandi itu,” kata Koordinator BPCB Jawa Timur di Tuban, Endang SB, seperti dilansir realitas.co, kemarin.

Kapolsek Bulu, AKP Supar, sampai berita ini diturunkan belum memberikan keterangan. Pesan singkat yang dikirim Seputar mBulu tak kunjung dibalas. Benda purbakala yang telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya dengan kode AC.250.7 itu hilang sejak 18 Oktober 2014 lalu.

Candi Bulu termasuk candi Syiwa yang dibangun sebelum Majapahit. Arkeolog Museum Kambang Putih Tuban, Rony Firman Firdaus, saat dihubungi Seputar mBulu beberapa waktu lalu mengatakan sudah menjadi pakem candi Syiwa dikelilingi sejumlah arca.

Menurut arkeolog lulusan Universitas Udayana ini, arca yang mengelilingi candi Syiwa adalah lingga-yoni, nandi, ganesa, resi agastya, dan durga. Dari arca-arca tersebut, nandi dan lingga-yoni menjadi arca tersisa dari candi yang berada di Desa Bulujowo tersebut. (wak)

0 comments

Leave a Reply