Pelelangan Terancam Gagal

SEPUTAR MBULU - Rencana pelelangan di Pelabuhan Perikanan Bulu yang sedianya dilakukan pada awal Desember ini tampaknya terancam gagal. Pasalnya, tengkulak tak mau lelang sebelum nelayan mengembalikan hutangnya.

Hal itu terungkap dalam pertemuan tertutup antara Pemkab Tuban, pemdes setempat, serta pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kecamatan Bancar dengan para tengkulak pada Selasa, 11 November 2014.

Menurut sumber Seputar mBulu, tengkulak bersikeras tak mau lelang bila pemilik kapal tak mengembalikan pinjaman yang dulu mereka berikan. Sementara itu pemkab sendiri mengaku tak memiliki modal untuk melakukan lelang.

Menanggapi masalah tersebut, sumber Seputar mBulu yang mengikuti jalannya pertemuan mengatakan masalah tersebut dikembalikan lagi ke tengkulak dan nelayan.

Seperti diketahui, nelayan di Bulu, terutama nelayan jaring mini purse seine dan payang, umumnya meminjam uang ke tengkulak untuk melaut. Sebagai timbal balik, ikan yang didapat nelayan dijual ke tengkulak yang memberikan pinjaman. Jumlah pinjaman pun bervariasi. Dari jutaan rupiah hingga puluhan juta.

Pertemuan dengan para tengkulak tersebut sejatinya adalah pertemuan lanjutan dari pertemuan yang sebelumnya dilakukan pemkab dengan puluhan nelayan pada Jumat lalu. (wak)

0 comments

Leave a Reply