Kesadaran Warga Masih Rendah

SEPUTAR MBULU – Kesadaran masyarakat pesisir Bulu, Tuban, Jatim, terutama yang berada di sekitar Candi Bulu, terhadap pelestarian benda cagar budaya masih rendah. Itu terbukti dengan pengeboran yoni oleh warga setempat.

Yoni merupakan sebuah batu berbentuk segi empat di bagian tengah berlubang sebagai simbol kelamin wanita. Biasanya yoni berpasangan dengan linggabatu berbentuk lonjong bulat sebagai simbol kelamin laki-laki. Kedua batu tersebut umumnya berada di sekitar kompleks candi sebagai lambang kesuburan.

Berdasarakan informasi yang dihimpun Seputar mBulu, pengeboran itu dilakukan di sebuah area persawahan yang berada sebelah barat Candi Bulu pada Kamis, 16 Oktober 2014.

Awalnya, pengeboran dilakukan di sekitar yoni. Namun, Dahlan, warga setempat, bermimpi kalau bagian tengah (lubang) yoni memancarkan sumber air yang melimpah. Atas dasar itu warga kemudian mengebornya.

Meski begitu, warga setempat tak ada satu pun yang melarang. Warga membiarkan lantaran sawah mereka membutuhkan pengairan. Kabar pengeboran itu sempat diperingatkan pihak terkait karena dianggap merusak situs bersejarah. (enha/pong/wak)

0 comments

Leave a Reply