DPK Jatim Kembali Gelar Diklat ANKAPIN III

Seputar mBulu – Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur kembali akan menggelar diklat Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan Tingkat III (ANKAPIN III) pada 29 September – 21 Oktober 2014 di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Banyuwangi.

Untuk itu, bagi nelayan di Bulu yang ingin mengikuti diklat tersebut bisa segera mendaftar secara gratis tanpa dipungut biaya ke pihak terkait dengan memfotokopi ijazah SD, KTP, SKCK, dan SK Dokter.

Seperti diklat sebelum-sebelumnnya, peserta akan mendapatkan sertifikat serta uang saku sebesar lebih kurang Rp 1 juta. Selain itu, selama pelaksanaan diklat peserta juga akan mendapatkan fasilitas penginapan dan jamuan makan.

Taufik, salah seorang yang pernah mengikuti diklat, mengatakan diklat ANKAPIN III semacam pelatihan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk nahkoda kapal. “Kalau dulu (namanya) Surat Keterangan Kecakapan (SKK). Sekarang sudah diganti dengan ANKAPIN III,” katanya, Senin, 15 Agustus 2014.

Dikutip laman resmi BPPP Banyuwangi, penyelenggaraan diklat ANKAPIN III bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, wawasan dan pengetahuan peserta tentang kepelautan kapal penangkap ikan. (wak)

0 comments

Leave a Reply