BPBD Tuban Bangun Tangkis Darurat

foto: kotatuban.com
seputarmbulu.blogspot.com – Sekitar 100 rumah warga Desa Sukolilo yang berada di dekat pantai terancam ambruk. Pasalnya, tangkis pemecah ombak yang menahan rumah mereka hancur diterjang ombak besar.
Mengantisipasi ancaman tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dibantu TNI dan warga, Rabu (5/2), membangun tangkis darurat dari tumpukan batu, karung pasir, anyaman bambu (gedek) , dan bambu.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tuban Joko Ludiono, seperti dikutip kotatuban.com, mengatakan, tangkis pemecah ombak ini hanya sementara karena kondisinya darurat.
“Walau darurat pemerintah juga sudah memiliki rencana pembangunan tangkis jauh sebelum tangkis pemecah ombak ini hancur,” ujarnya.
Apalagi, kata dia, areal tangkis pemecah ombak yang hancur itu sebenarnya sudah masuk dalam peta pengembangan tangkis perairan Laut  Jawa yang akan berjalan pada tahun ini.
Rencananya tangkis pemecah ombak tersebut akan dibangun sepanjang 14 kilometer. “Jika warga menyediakan lahan dan siap, tentu rencana pembangunan itu bisa dilangsungkan tepat waktu,” ungkap Joko. (wak)

0 comments

Leave a Reply