Sikilas Mbah Kuning


14 Nopember 2013, tepatnya hari kamis setelah isya’ telah diadakan Haul Mbah Kuning (Mbah Khalimah) di makam Desa Banjarjo dan kali ini Tim Seputar mBulu mencoba mencari tahu siapa Mbah Kuning itu.

Sehari sesudah Haul Tim Seputar mBulu mencoba mendatangi Juru Kunci Makam Mbah Kuning, kami menemui seorang nenek tua yang usianya kira-kira 80 tahunan, dia bernama Mbah Supatmi, seorang pengusaha kayu bakar yang tinggal di Desa Banjarjo.

“Mbah Kuning itu orang dari Madura, Sejatinya Mbah Kuning sendiri saya tidak tau, karena dulu waktu masih kecil makam (Cungkup) itu sendiri sudah ada, sedangkan makam yang ada di sebelah utara yang sekarang jadi bangunan rumah itu adalah makam saudara Mbah Kuning” Kata Mbah Supatmi

Mbah Supatmi juga menjelaskan kenapa sampai dia menjadi juru kunci Mbah Kuning.

“Saya sendiri tak tau kalau saya ini keturunan Mbah Kuning, awalnya itu Mbah saya yang menjadi juru kunci yakni Mbah Sumo Sabani, setelah Mbah Sumo Sabani, juru kunci itu beralih ke Mbah Kayang yakni adik ipar juga Misanan dari Mbah Sumo Sabani, Setelah Mbah Kayang, juru kunci itu beralih ke Kakak saya Asmoro Kandi (Pr), dan setelah kakak saya, barulah saya sekarang yang jadi juru kunci Mbah Kuning, tapi saya serahkan hak juru kunci itu kepada keponakan saya yakni Ibu Kus yang rumahnya berada di sebelah timur makam Mbah Kuning” Mbah Supatmi

Kenapa Mbah Supatmi menyerahkan juru kunci itu ke keponakannya?

“Keluarga yang meminta supaya saya melepaskan hal itu dan sebenarnya Ibu Kus sendiri tak ada keturunan dari Mbah Kuning, seharusnya yang pantas menerima gelar juru kunci Mbah Kuning itu Anak atau cucuku, berhubung keluarga tak membolehkan maka aku lempar ke orang lain” Imbuh Mbah Supatmi […] EnHa

0 comments

Leave a Reply