3 Masalah Pokok yang Menjadi Perhatian Kades Banjarjo Terpilih Irfan Sulikin

Kepala Desa Banjarjo terpilih, Irfan Sulikin, menilai setidaknya ada tiga masalah yang akan menjadi pokok perhatiannya. Ketiga masalah tersebut adalah pemberdayaan pemuda, pengoptimalan sumber daya alam (SDA) masyarakat pesisir, dan lembaga desa.

Hal tersebut ia sampaikan kepada salah satu admin Coretan Tiang Bulu, Jojon Haedar Bahari Delpiero, saat memberikan penjelasan mengenai keikutsertaannya dalam Pilkades Banjarjo, melalui akun Facebook-nya, Sulichin Dakar, pertengahan Oktober lalu.

Terkait dengan pemberdayaan pemuda, dirinya berjanji akan mengoptimalkan peran pemuda salah satunya melalui olahraga. "Termasuk kepentingan pemuda, dalam artian segala kegiatan yang positif termasuk olahraga, misalnya," terangnya.

Adapun mengenai SDA masyarakat pesisir, calon kepala desa yang memiliki jargon "migunani marang lian seng penting lancar" pada saat kampanye itu akan mendorong masyarakat Banjarjo untuk memanfaatkan SDA pesisir melalui produk industri rumahan.

"Yang kita tahu dan sadari bahwa kita hidup di pesisir, artinya nggak lepas dari ikan. Karena itu masyarakat kita dorong untuk membuat produk yang berbasis home industri, misalnya terasi dan petis go out hingga jadi trade mark atau icon Bulu," ujarnya.

Sementara itu untuk masalah lembaga desa, ia bertekad akan memberdayakan serta mengoptimalkan pos-pos atau lembaga desa yang sekarang ini ia anggap mandek dan mati suri. (wak)

0 comments

Leave a Reply