Ganco Tambah Penghasilan ABK

seputarmbulu.blogspot.com - Musim cumi-cumi pada melaut kali ini membawa berkah tersendiri bagi anak buah kapal (ABK) jaring purse seine di Bulu yang terbiasa mencari tambahan penghasilan dengan ganco

Berdasarkan laporan Darsono dari Seputar mBulu, Sabtu (1/3), umumnya setiap ABK mendapat dua sampai lima kilogram (kg) cumi-cumi. Bahkan ada yang sampai 10 kilogram per ABK.

Dengan harga per kilogram cumi-cumi mencapai Rp. 20.000 - Rp. 25.000, secara otomatis penghasilan ABK meningkat. Peningkatan itu didapat dari hasil penjualan cumi-cumi di luar ikan hasil tangkapan kapal.

Ganco merupakan istilah nelayan Bulu untuk kegiatan memancing cumi-cumi dengan memanfaatkan alat pencahayaan yang ada di kapal untuk menarik ikan. Kegiatan tersebut dilakukan sebelum tawur (proses penangkapan).

Kendati dilakukan sebelum tawur, ganco pada beberapa tahun belakangan ini menjadi permasalahan tersendiri bagi pemilik kapal. Sebab, mereka merasa dirugikan karena ABK dirasa lebih fokus ganco daripada mengurusi kegiatan di kapal. 

Mengantisipasi terjadinya konflik, sebagian pemilik kapal mengambil jalan tengah. ABK diperbolehkan ganco, asal cumi-cumi yang didapat dijual kepada pemilik kapal. (jon/wak)

0 comments

Leave a Reply